Hallo.. kali ini disini
saya akan membuat artikel tentang "Konsep Pemodelan Grafis untuk Game".
yaitu ada beberapa sub bab yang akan di bahas disini. Penasaran?? mari kita
membaca!..
Jadi disini kita
menentukan mau game seperti apa yang kita ingin kan sehingga nanti kita dengan
mudah membuat desain game tersebut. Begini penjelasannya!.
Game Designer
termasuk dalam pre-production stage, yang berarti Game Designer bekerja sebelum
Artist dan Programmer. Game Designer adalah seseorang yang bertugas untuk
membuat alur cerita atau blueprint dari sebuah game yang akan dibuat. Hal ini
bertujuan untuk memperkuat daya analisis dan logika berpikir para pemainnya
untuk pengambilan keputusan sebaik mungkin. Sehingga pekerjaan artist dan
programmer akan lebih terarah dalam mengembangkan sebuah game. Genre adalah
konsep dari game yang harus dipahami oleh seorang Game Designer. Beberapa genre
yang umum dipakai yaitu Action, Adventure, Casual, Educational, Fighting,
Online Game, Puzzle, RPG, Simulation, Sport, dan Strategy.
PEMBUATAN KARAKTER PADA GAME.
Jadi setelah kita menentukan game apa yang ingin kita buat/kembangkan, lalu kita membuat karakter game tersebut. dengan bermacam aplikasi/ software yang ada di luaran sana. dan jadi lebih kelihatan karakter dan mimik wajah animasi tersebut. Mari baca pembahasan di bawah.
Pada pembahasan pembuatan desain
grafis diatas sudah disinggung dalam pembuatan karakter. Pada pembahasan nomor
lima tentang Content Design yaitu mendesain karakter, barang, perlengkapan,
misi, dan lain-lain. Pembuatan karakter seperti gerak tubuh, mimik wajah dan
lain-lain, kita dapat membuatnya pada software Blender. Software Blender
mempunyai kualitas arsitektur 3D yang
berkualitas tinggi dan bisa
dikerjakan dengan lebih cepat dan
efisien. Sehingga kita dapat membuat suatu karakter yang kita inginkan dengan
cepat dan efisien. Dalam pembentukan gerak tubuh kita hanya perlu melakukan
proses rigging atau pemberian tulang di setiap sisi tubuh karakter agar bisa
bergerak aktif.
PEMBUATAN LINGKUNGAN PADA SEBUAH
GAME/ ANATOMI.
Nah sub bab kali ini juga jangan sampai ketinggalan. karna ini lah yang bisa membuat suasana game jadi lebih hidup atau mepunyai karakter dari game tersebut loh. maka dari itu ini juga bisa di bilang salah satu inti ide game tersebut. seperti gambar di atas jadi lebih terlihat game nya itu lagi apa dan dimana.
Lingkungan
(environment) atau latar tempat dalam game merupakan salah satu faktor
pendukung yang sangat penting. Lingkungan yang sesuai akan mendukung konsep
gameplay, cerita bahkan karakternya. Pada Game Desain lingkungan sangat
dipengaruhi oleh genre game tersebut. Selain genre yang mempengaruhi desain
lingkungan adalah konsep cerita dan tema pada game. Pada pembuatan lingkungan
game, kita bisa juga membuatnya dalam software Blender sesuai kreatifitas
imajinasi kita.
Agar desain
lingkungan game kita mudah diingat, maka buatlah sebuah landmark atau bangunan
iconic, contohnya bulan yang dirantai (Infinite Undiscovery), bangunan kastil yang aneh (Kingdom Hearts)
dan masih banyak lagi hal-hal iconic yang bisa kita buat. Jangan lupa untuk
memperhatikan pewarnaan pada Desain Lingkungan. Game Horror punya warna yang
suram dan mencekam seperti abu-abu, merah darah dan hitam. Game bertema Casual
punya warna-warna cerah yang mencolok seperti merah, biru, kuning dan hijau.
Game Futuristis menggunakan warna-warna metalik dan cahaya-cahaya hijau fosfor
atau biru yang berpendar.
PENGGABUNGAN KARAKTER DAN ANIMASI
MENJADI 3D DAN 4D
Setelah
semua sudah jadi di bust mulai dari ide pembentukan karakter hingga
penggambaran lingkungan, semua itu kita gabungkan menjadi 1 sehingga game yang
kita buat bisa di lihat tampilan dari penggabungan itu semua,
Dalam sebuah
game karakter itu merupakan animasi yang telah kita buat sebelum membuat game
itu sendiri. jadi kita bisa jelaskan game 3D dan 4D itu hanyalah berbeda
sedikit dimana 3D itu kita harus menggunakan kacamata 3D pada hasilnya kita
akan merasakan game itu seperti real atau keluar dari monitor. kalau 4D itu
memiliki efek efek yang lebih seperti getaran getaran dan efek-efek nyata yang
di hasilkan nantinya.
Buku Belajar
Membuat Game 2D dan 3D Menggunakan Unity ini diterbitkan oleh Penerbit Buku
Pendidikan Deepublish, SITI ASMIATUN DAN ASTRID NOVITA PUTRI,SEMARANG, 2017.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar