Rabu, 22 Januari 2020

Konsep pemodelan grafis pada game

Hallo.. kali ini disini saya akan membuat artikel tentang "Konsep Pemodelan Grafis  untuk Game". yaitu ada beberapa sub bab yang akan di bahas disini. Penasaran?? mari kita membaca!..

PEMBUATAN DESAIN GRAFIS PADA GAME.

Jadi disini kita menentukan mau game seperti apa yang kita ingin kan sehingga nanti kita dengan mudah membuat desain game tersebut. Begini penjelasannya!.
Game Designer termasuk dalam pre-production stage, yang berarti Game Designer bekerja sebelum Artist dan Programmer. Game Designer adalah seseorang yang bertugas untuk membuat alur cerita atau blueprint dari sebuah game yang akan dibuat. Hal ini bertujuan untuk memperkuat daya analisis dan logika berpikir para pemainnya untuk pengambilan keputusan sebaik mungkin. Sehingga pekerjaan artist dan programmer akan lebih terarah dalam mengembangkan sebuah game. Genre adalah konsep dari game yang harus dipahami oleh seorang Game Designer. Beberapa genre yang umum dipakai yaitu Action, Adventure, Casual, Educational, Fighting, Online Game, Puzzle, RPG, Simulation, Sport, dan Strategy.

PEMBUATAN KARAKTER PADA GAME.

Jadi setelah kita menentukan game apa yang ingin kita buat/kembangkan, lalu kita membuat karakter game tersebut. dengan bermacam aplikasi/ software yang ada di luaran sana. dan jadi lebih kelihatan karakter dan mimik wajah animasi tersebut. Mari baca pembahasan di bawah.
Pada pembahasan pembuatan desain grafis diatas sudah disinggung dalam pembuatan karakter. Pada pembahasan nomor lima tentang Content Design yaitu mendesain karakter, barang, perlengkapan, misi, dan lain-lain. Pembuatan karakter seperti gerak tubuh, mimik wajah dan lain-lain, kita dapat membuatnya pada software Blender. Software Blender mempunyai kualitas  arsitektur 3D  yang  berkualitas  tinggi dan  bisa  dikerjakan dengan  lebih cepat dan efisien. Sehingga kita dapat membuat suatu karakter yang kita inginkan dengan cepat dan efisien. Dalam pembentukan gerak tubuh kita hanya perlu melakukan proses rigging atau pemberian tulang di setiap sisi tubuh karakter agar bisa bergerak aktif.


PEMBUATAN LINGKUNGAN PADA SEBUAH GAME/ ANATOMI.



Nah sub bab kali ini juga jangan sampai ketinggalan. karna ini lah yang bisa membuat suasana game jadi lebih hidup atau mepunyai karakter dari game tersebut loh. maka dari itu ini juga bisa di bilang salah satu inti ide game tersebut. seperti gambar di atas jadi lebih terlihat game nya itu lagi apa dan dimana.
Lingkungan (environment) atau latar tempat dalam game merupakan salah satu faktor pendukung yang sangat penting. Lingkungan yang sesuai akan mendukung konsep gameplay, cerita bahkan karakternya. Pada Game Desain lingkungan sangat dipengaruhi oleh genre game tersebut. Selain genre yang mempengaruhi desain lingkungan adalah konsep cerita dan tema pada game. Pada pembuatan lingkungan game, kita bisa juga membuatnya dalam software Blender sesuai kreatifitas imajinasi kita.
Agar desain lingkungan game kita mudah diingat, maka buatlah sebuah landmark atau bangunan iconic, contohnya bulan yang dirantai (Infinite Undiscovery),  bangunan kastil yang aneh (Kingdom Hearts) dan masih banyak lagi hal-hal iconic yang bisa kita buat. Jangan lupa untuk memperhatikan pewarnaan pada Desain Lingkungan. Game Horror punya warna yang suram dan mencekam seperti abu-abu, merah darah dan hitam. Game bertema Casual punya warna-warna cerah yang mencolok seperti merah, biru, kuning dan hijau. Game Futuristis menggunakan warna-warna metalik dan cahaya-cahaya hijau fosfor atau biru yang berpendar.


PENGGABUNGAN KARAKTER DAN ANIMASI MENJADI 3D DAN 4D

          Setelah semua sudah jadi di bust mulai dari ide pembentukan karakter hingga penggambaran lingkungan, semua itu kita gabungkan menjadi 1 sehingga game yang kita buat bisa di lihat tampilan dari penggabungan itu semua,
Dalam sebuah game karakter itu merupakan animasi yang telah kita buat sebelum membuat game itu sendiri. jadi kita bisa jelaskan game 3D dan 4D itu hanyalah berbeda sedikit dimana 3D itu kita harus menggunakan kacamata 3D pada hasilnya kita akan merasakan game itu seperti real atau keluar dari monitor. kalau 4D itu memiliki efek efek yang lebih seperti getaran getaran dan efek-efek nyata yang di hasilkan nantinya.

Buku Belajar Membuat Game 2D dan 3D Menggunakan Unity ini diterbitkan oleh Penerbit Buku Pendidikan Deepublish, SITI ASMIATUN DAN ASTRID NOVITA PUTRI,SEMARANG, 2017.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar